Allan Nairn: Panglima TNI Dukung Makar, Ini Tanggapan Panglima TNI!!

Okezone.com



Jakarta - Jurnalis asal Amerika Serikat Allan Nairn menurunkan tulisan yang menyengat TNI. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo enggan menanggapi secara serius tulisan itu.

"Saya tidak akan menanggapi ya kan, karena terlalu kecil untuk saya tanggapi itu," ujar Jenderal Gatot usai acara Dharma Santi Nasional Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939 di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (22/4/2017).

Dalam tulisannya yang berjudul "Trump's Indonesian Allies in Bed with ISIS-Backed Militia Seeking to Oust Elected President", Allan Nairn menyebut sejumlah pihak berniat menggulingkan Presiden Jokowi. Kasus Ahok, kata Nairn dalam tulisannya, hanyalah pintu masuk.

Allan menyebut Panglima TNI Gatot Nurmantyo mengetahui dan mendukung rencana tersebut. Namun TNI, dan juga Jenderal Gatot hari ini, menepis tudingan Nairn.

"Kalau hoax nggapain harus tanggapi itu," ujar Gatot.

Tulisan Nairn itu kemudian diterjemahkan dan ditampilkan di situs berbahasa Indonesia, Tirto, dengan seizin Nairn. Kapuspen TNI Mayjend Wuryanto menyatakan TNI mempertimbangkan untuk melapor ke polisi. Namun Jenderal Gatot menegaskan laporan itu tak akan dilakukan.

"Itukan kemungkinan gugatan, tapi kalau kecil kayak gitu ngapain saya gugat itu," ujar Gatot.

Nairn sempat menanggapi niat TNI untuk melaporkan dirinya dan Tirto. Alih-alih takut, Nairn malah menantang TNI.

"Dear TNI: If you want to threaten brave Indonesian reporters and publishers, please threaten me too. (TNI threatens legal action v tirto.id)," tulis Allan di akun twitternya, @AllanNairn14. 
Sumber: Detik.com

0 Response to "Allan Nairn: Panglima TNI Dukung Makar, Ini Tanggapan Panglima TNI!!"

Posting Komentar