Dikritik Kucurkan Dana Hibah Rp 40 Miliar ke Himpaudi, Ini Jawaban Anies...

Detik.com


Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan alasan memberi dana hibah sebesar Rp 40 miliar ke Perhimpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi). Ini adalah kali pertama Himpaudi mendapatkan hibah. 

"Ini adalah pertama kali untuk pendidikan di PAUD, dan ini soal keberpihakan. Pendidik PAUD adalah pendidik yang jarang dapat perhatian. Bahkan tidak pernah dapat hibah pertama kali," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2017). 



Anies mengatakan selama ini pendidik PAUD jarang mendapat perhatian dan tidak pernah dapat hibah. Oleh sebab itu, Anies memberikan hibah kepada guru PAUD dengan nilai Rp 500 ribu per guru dengan total alokasi Rp 40,2 miliar yang disalurkan lewat Himpaudi. 



"Kini baru kita mulai diributin. Ini mau memberi pendidik-pendidik paling awal dan jalurnya kita coba lewat Himpaudi. Kita pertama kali nih, kita mau bagi satu-satu nggak mungkin. Jadi lewat himpunan, asosiasi guru, sama seperti yang lain," terangnya.

Soal lokasi kantor Himpaudi, Anies tidak mempermasalahkannya apabila menumpang di kantor lain karena itu bukan hal yang aneh. Anies mengatakan PAUD kekurangan dana sehingga tidak mempunyai kantor yang layak. Meski begitu, tetap perlu verifikasi.

"Soal verifikasi menurut saya penting, inilah contoh sebuah asosiasi para pejuang yang tidak pernah dapat perhatian. Ini bukan organisasi yang kelebihan uang yang punya kantor mapan yang punya uang banyak. Mereka itu selalu numpang jadi sekretariatnya selalu numpang jadi bukan hal yang aneh-aneh," papar Anies.


Anies mengingatkan dana hibah tersebut baru masuk dalam perencanaan di APBD 2018. Dia mengatakan bila menemukan kesalahan maka akan segera menindaklanjutinya.


"Satu lagi, belum ada transfer. Ini baru menuliskan rencana. Ketika rencana alamatnya salah keliru ya tinggal dikoreksi," kata Anies.

"Kecuali kalau kita sudah mengirimkan dan salah, beda sekali, kenapa? Karena ini baru pertama kali dulu nggak pernah dikasih karena itu saya merasa alhamdulillah ini adalah tangan Tuhan kepada bangsa Indonesia betapa guru PAUD tak pernah diperhatikan bahkan kantornya lokasinya pinjam," pungkasnya.

Sumber: Detik.com

0 Response to "Dikritik Kucurkan Dana Hibah Rp 40 Miliar ke Himpaudi, Ini Jawaban Anies..."

Posting Komentar