Pengamat: Gerindra Paling Tepat Gabung dengan Koalisi Zaman Now

Detik.com


Bandung - Demokrat, PAN dan PKS yang tergabung dalam koalisi zaman now akan mengusung pasangan Deddy Mizwar - Ahmad Syaikhu. Hal ini membuat Gerindra kehilangan kesempatan mengisi posisi pendamping Deddy Mizwar.

Gerindra sebelumnya punya peluang menempatkan kedernya dalam koalisi poros baru yang dihuni bersama Demokrat dan PAN. Namun, koalisi poros baru kandas di tengah jalan dan berganti jadi koalisi zaman now. Gerindra tak masuk dalam koalisi itu.

Ketiadaan Gerindra dalam koalisi itu membuat peluang wakil hanya ada di PKS yang sejak awal menyodorkan nama Ahmad Syaikhu. Sementara Demokrat dan PAN sudah menyatakan mendukung Deddy Mizwar tanpa syarat.



Pengamat politik Universitas Padjadjaran Firman Manan menilai dinamika yang terjadi saat ini tak serta membuat peluang Gerindra bergabung dalam koalisi zaman now tertutup. Sebab, sambung dia, segala kemungkinan bisa terjadi jelang pendaftaran ke KPU.

"Sampai saat terakhir pengusungan di bulan Januari semua kemungkinan bisa terjadi. Waktu terakhir bisa berubah. Kalau Gerindra bergabung, persolannya pada wakil. Jadi masih terbuka untuk kompromi," kata Firman saat dihubungi via telepon, Kamis (23/11/2017).

Menurutnya lobi-lobi politik dalam sebuah koalisi tak melulu membahas soal kandidat yang diusung di satu daerah. Namun, sambung dia, masih ada kepentingan lain seperti pilkada di 16 kabupaten dan kota yang bisa diperjuangkan.

"Kompromi (koalisi) tidak selalu mendapatkan wakil. Misalnya, nanti mendapat support di kabupaten dan kota. Kalau Gerindra punya kandidat, bisa didukung atau menitipkan program yang jadi platform Gerindra bisa diperjuangkan," jelas dia

Ia menilai Gerindra lebih rasional bergabung dalam koalisi zaman now ketimbang masuk koalisi lain atau membangun koalisi baru. Sebab, sambung dia, Gerindra lebih bisa mendapatkan keuntungan dari koalisi zaman now.

"Kalau berbicara kedekatan lebih baik masuk ke koalisi zaman now. Kalau ke Emil (Ridwan Kamil) komunikasinya tidak terbangun. Kalau gabung PDIP, idealoginya beda," tutur dia.

Sumber: Detik.com

0 Response to "Pengamat: Gerindra Paling Tepat Gabung dengan Koalisi Zaman Now"

Posting Komentar