Ilmuwan China: Situs Tes Nuklir Bawah Tanah Korut di Ambang Bencana Dahsyat!!

Sindonews.com


BEIJING - Para ilmuwan China memberi penjelasan kepada para delegasi Korea Utara (Korut) yang berkunjung ke Beijing bahwa situs tes senjata nuklir bawah tanah di Punggye-ri di ambang bencana dahsyat.
 
Para ilmuwan dari Institut Geologi dan Geofisika Akademi Ilmu Pengetahuan itu khawatir negara mereka terkena dampaknya karena situs itu hanya berjarak 80km dari perbatasan China. Delegasi Pyongyang menerima penjelasan tersebut saat berkunjung ke Beijing pada 20 September 2017 lalu.

Pengarahan itu mencakup serangkaian masalah. Ahli geologi senior China, Zhai Mingguo, mengatakan bahwa tes senjata nuklir Korut melampaui kekhawatiran pemerintah Beijing.

”Ini adalah masalah besar, masalah rumit yang membutuhkan banyak pendekatan sistematis. Pertemuan kita hanya merupakan bagian dari usaha,” kata Zhai.

Delegasi Korea Utara, seperti dilansir South China Morning Post, Jumat (27/10/2017), dipimpin oleh Lee Doh-sik, Direktur Lembaga Penelitian Geologi di State Academy of Sciences.

”Dia adalah ahli geologi pemerintah tingkat tinggi di Korea Utara, tapi dia tidak terlibat dalam program senjata nuklir,” kata Profesor Peng Peng, salah satu ahli geologi China yang bertemu dengan delegasi tersebut.

Menurut beberapa ilmuwan, suasana pertemuan itu sunyi tapi ramah. Para ilmuwan Korea Utara tidak diizinkan untuk mengungkapkan isi diskusi itu karena melibatkan ”urusan diplomatik”.

Lee merupakan satu-satunya dari enam anggota tim delegasi Korea Utara yang diidentifikasi. Dia telah mengunjungi China beberapa kali sebelum pertemuan tersebut.

Selama 10 hari di China, delegasi Korea Utara juga mengunjungi tambang tembaga di Hebei dan Shanxi, dan tambang lainnya yang dapat membantu Korea Utara melakukan survei mineral sendiri.

Lembaga geologi China telah memantau secara ketat dampak uji coba senjata nuklir Pyongyang di seluruh perbatasan. Uji coba senjata nuklir terbaru Korea Utara diperkirakan berdaya ledak antara 100 hingga 200 TNT, lebih kuat dari semua ledakan nuklir Pyongyang sebelumnya. 

Tes itu diikuti oleh banyak gempa bumi dan tanah longsor besar di lokasi uji coba, yang menurut banyak ahli geologi membuat lokasi situs menjadi sangat tidak stabil.

Seorang peneliti yang mempelajari risiko radioaktif dari program nuklir Korea Utara di Universitas Peking mengatakan bahwa China tidak dapat lagi mentoleransi ledakan berbahaya seperti itu.

Sumber: Sindo.com

0 Response to "Ilmuwan China: Situs Tes Nuklir Bawah Tanah Korut di Ambang Bencana Dahsyat!!"

Posting Komentar