Geram!! Cina dan Rusia Sebut Trump Bermentalitas Perang Dingin...

Republika.co.id

WASHINGTON -- Cina dan Rusia mengkritik kebijakan keamanan nasional Amerika Serikat (AS) yang dinilai menganggap kedua negara sebagai pesaing yang menantang kepentingan Paman Sam. Mereka menilai strategi baru Presiden Donald Trump menunjukkan mentalitas perang dingin.

"Kami mendesak AS untuk berhenti secara sengaja mendistorsi niat strategis Cina dan meninggalkan konsep usang seperti mentalitas perang dingin," kata Juru Bicara Kementrian Luar Negeri Cina Hua Chunying seperti dikutip Aljazirah, Rabu (20/12).

Hua mengatakan, penerapan kebijakan semacam itu hanya akan akan merugikan negara sendiri dan juga pihak lain. Dia berharap, AS dapat menyesuaikan dengan tren zaman dan kemauan rakyat, menempatkan hubungan dunia dalam perspektif serta menghormati komitmen yang relevan, khususnya dengan Cina.

Hua mengatakan, penyesuaian dengan tren zaman dan kemauan rakyat akan memperkuat hubungan kedua negara. Lagipula, dia menambahkan, hal itu merupakan langkah sesuai yang melambangkan kepentingan bersama.

Hal serupa juga disampaikan Juru Bicara Pemerintah Rusia Dmitry Peskov. Dia mengatakan, kebijakan yang diperlihatkan Trump menunjukan jika AS adalah negara imperialis.

Trump sebelumnya mengungkapkan rencana keamanan nasional yang memprioritaskan bidang ekonomi dan mengejar 'kedamaian melalui kekuatan'.

Presiden lantas menyebut Cina dan Rusia sebagai pesaing yang menantang kekuatan, pengaruh dan kepentingan AS. Kedua negara juga disebut mencoba mengikis keamanan dan kemakmuran Paman Sam.

Dmitry Peskov membantah Rusia menjadi saingan AS dalam kepentingannya. Dia mengatakan, strategi keamanan AS yang baru menunjukkan ketidakinginan untuk melepaskan gagasan tentang dunia terpusat.  "Kami tidak bisa sepakat dengan sikap yang melihat Rusia sebagai ancaman bagi Amerika Serikat," kata Peskov.

Sumber: Republika.co.id

0 Response to "Geram!! Cina dan Rusia Sebut Trump Bermentalitas Perang Dingin..."

Posting Komentar