Kebakaran California Makin Mengganas, Penduduk Santa Barbara Dievakuasi

Sindonews.com


SANTA BARBARA - Warga pusat kota Santa Barbara ramai-ramai melarikan diri dari rumah mereka. Angin kencang berkecepatan 60mph membuat kebakaran hutan yang telah merobek California semakin ganas.

Dikutip dari Sky News, Minggu (17/12/2017), evakuasi wajib dilakukan di Montecito, Summerland dan sebagian dari Santa Barbara. Pekerja di kebun binatang Santa Barbara mulai memasukkan beberapa hewan ke dalam peti dan kandang anjing dengan harapan mereka dapat dievakuasi.

Kebakaran Thomas Fire yang telah menghanguskan 404 mil persegi bergerak cepat ke arah utara Montecito, tempat sejumlah selebriti macam Oprah Winfrey, Ellen DeGeneres dan selebriti lainnya menetap.

"Masih berdoa untuk kota kecil kita. Angin yang berhembus pagi ini menciptakan badai buruk bagi petugas pemadam kebakaran," cuit Oprah Winfrey.

Kebakaran tersebut sekarang merupakan yang terbesar ketiga dalam sejarah California, yang membakar lebih dari 700 rumah dan membunuh seorang pemadam kebakaran.

Sekitar 95.000 orang telah ditempatkan di bawah evakuasi wajib sejak kebakaran berlangsung pada tanggal 4 Desember.

Pierre Henry, pemilik roti Montecito, mengatakan bahwa dia menerima sebuah teks untuk dievakuasi pada hari Sabtu pagi saat api mendekati rumah-rumah penduduk.

"Yang terburuk adalah asapnya," ujarnya.

"Anda tidak bisa bernapas sama sekali dan itu menjadi lebih buruk saat angin mulai berhembus, semua abu dan debu di jalan mengudara, sangat menakutkan," imbuhnya.

Pihak berwenang mengatakan kebakaran telah membakar 6 mil persegi vegetasi lainnya.

Gubernur California Jerry Brown mengatakan bahwa kebakaran hutan yang melanda negaranya harus menjadi peringatan bagi bagian-bagian dunia lain yang terancam oleh perubahan iklim.

"Fakta penting adalah bahwa kebakaran ini akan menjadi kejadian yang sangat sering. Itulah yang dikatakan oleh ilmu pengetahuan kepada kita," ucap Brown.

"Ini adalah indikator nyata dari hal-hal buruk yang akan datang, dan mudah-mudahan akan membantu membangunkan orang-orang yang saat ini terlalu berpuas diri," sambungnya.


Kepala Divisi Pemadam Kebakaran Santa Barbara County Martin Johnson mengatakan: "Ini binatang buas tapi kita akan membunuhnya."

Sumber: Sindonews.com

0 Response to "Kebakaran California Makin Mengganas, Penduduk Santa Barbara Dievakuasi"

Posting Komentar